Selasa, 28 Maret 2017

Perkenalkan, Si Buntut Tikus!

Anggrek buntut tikus adalah salah satu contoh kekayaan alam pulau kalimantan. Anggrek endemik kalimantan ini merupakan anggrek dari genus Paraphalaenopsis (dalam perdagangan biasa disingkat Prphln.).

Anggrek epifit ini pada dasarnya mudah untuk dipelihara. Anggrek yang menyukai cahaya terang dan suhu hangat ini bisa di tanam pada media sabut kelapa yang sudah di rendam untuk menghilangkan kandungan taninnya, atau diikat pada batang pohon yang memiliki tekstur kasar.
 
Paraphalaenopsis, "almost a Phalaenopis"

Paraphalaenopsis merupakan genus yang dipecah dari Phalaenopsis. Walau secara morfologis mirip, namun karena daunnya yang berbeda yang berbentuk silinder dan panjang menyerupai ekor tikus, yang membuat species-species genus ini disebut "anggrek buntut tikus. Perbedaan lain adalah petal bunganya, serta perbungaannya.

Sampai saat ini Genus ini hanya beranggotakan 4 species yaitu Paraphalaenopis denevei, Paraphalaenopsis laycockii, Paraphalaenopsis labukensis dan Paraphalaenopsis serpentilngua. Tercatat 1 hibrida alami yaitu Paraphalaenopsis × thorntonii [ persilangan P. denevei × P. serpentilingua ] namun datanya belum dapat di konfirmasi (Wikipedia).


P. denevei (J.J. Sm.) A.D. Hawkes 1963
Orchidspecies.com

P. laycockii (M.R. Hend.) A.D. Hawkes 1963
Orchidspecies.com

P. serpentilingua (J.J. Sm.) A.D. Hawkes 1963
Orchidspecies.com

P. labukensis [P.S. Shim] A. Lamb & C.L. Chan. 1981

Orchidspecies.com
..

Phalaenopsis x thorntonii : Hibrida alami
Royal Botanic Gardens, Kew

Perlu keseriusan dan perhatian dari kita semua untuk dapat menjadikan species-species anggrek ini sebagai kekayaan alam Indonesia. Perbatasan darat dengan Malaysia misalnya, menyebabkan perpindahan jenis ini sangat mudah. Apalagi Malaysia termasuk serius dalam membudidayakan jenis-jenis anggrek alam untuk keperluan komersial. P. denevei yang berasal dari Kab.Sintang contohnya, hampir tidak bisa ditemukan lagi dihabitat aslinya. Pembukaan hutan dan penjarahan jenis-jenis anggrek yang tidak terkontrol mengakibatkan banyak anggrek alam kalimantan terancam keberadaannya.

Referensi

- Kompas.com : Anggrek Ekor Tikus Mulai Langka;
- Orchidspecies.com: indexp-pf  
- Paraphalaenopsis x
- Wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Bulbophyllum pulanense Yudistira, Kurniawan & Mustaqim, 2022

Section Beccariana Distribution: Merupakan anggrek endemik dari Propinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Kapuas Hulu. Ecology: Hutan dataran r...