Sabtu, 14 April 2018

Dendrobium mucrovaginatum Metusala & J.J.Wood. 2012

SECTION Crumernata

Penyebaran Kalimantan Barat. Sepanjang sungai pada dataran rendah. Tanaman kecil, Tumbuh merumpun dan dapat mencapai tinggi 30 cm. Pseudobulb bagian atas memiliki diameter 1 mm dan menggembung di bagian pangkal bawahnya. Hijau pada saat muda. berubah menjadi hijau kecoklatan.

Dapat berbunga sepanjang tahun. Bunga mini. Diameternya hanya kurang lebih 1 cm. "Yang juga unik adalah karakter bibir bunganya yang memiliki 3 kalus sejajar permukaannya. Sementara bagian ujung bunganya membelah membentuk dua ruang. Bagian pangkal kelopak samping dan bibir bunganya termodifikasi membentuk tabung memanjang yang berisi cairan nektar. Diduga, modifikasi ini memungkinkan serangga polinator yang menghisap cairan nektar sekaligus memindahkan pollinia (benang sari) ke stigma (putik), membantu reproduksi bunga.

Flower
Foto D. Metusala


Ujung pelepah daun memiliki tonjolan sempit memanjang berujung runcing. Sifat inilah yang membuat anggrek ini memiliki nama spesies "mucrovaginatum".

Pustaka
IOSPE
Yunanto Wiji Utomo, Anggrek Berbunga Mini Ditemukan di Kalimantan, Kompas.com
LIPI : Anggrek Mini Dari Kalimantan Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Bulbophyllum pulanense Yudistira, Kurniawan & Mustaqim, 2022

Section Beccariana Distribution: Merupakan anggrek endemik dari Propinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Kapuas Hulu. Ecology: Hutan dataran r...